Halaman

Selasa, 30 Oktober 2012

Mengapa Harus Ada Jembatan Semanggi


"Mengapa persimpangan di jalan raya dan jalan bebas hambatan harus dibuat begitu rumit, dengan lengkungan-lengkungan, tanjakanm, dan turunan?"

Rancangan tersebut dimaksudkan untuk memperlancar arus lalu lintas, sebab dengan jembatan semanggi maka orang dimungkinkan belok kanan tanpa memotong arus pemakai jalan dari arah depan. Ini semacam soal ilmu ukur yang sederhana. 

Ketika jalan raya dan jalan bebas hambatan mulai dibuat, para insinyur harus membayangkan cara mengalirkan lalu lintas dari jalan raya yang satu ke jalan rayan yang bersilangan tanpa menghentikan lalu lintas yang berlawanan menggunakan lampu setopan. 

Karena di Indonesian kendaraan berjalan di sebelah kiri, belok kiri tidak masalah, kita tinggal masuk ke jalur keluar. Tidak demikian halnya dengan berbelok kanan, karena untuk ini orang harus memotong arus lalu lintas dari arah depan, dan tabrakan di persimpangan pasti tidak terhindarkan. 

Maka dibuatlah jembatan berbentuk daun semanggi. Melalui rancangan semacam ini kita dapat berbelok 90 derajat ke kanan dengan cara berputar 270 derajat ke kiri. 

Sekarang, coba bayangkan sebuah lingkaran penuh 360 derajat, maka berputar 360 derajat sama dengan kembali ke tempat semula. Jika dua buah jalan raya bersilangan saling tegak lurus, belok kanan berarti berputar 90 derajat ke kanan. Akan tetrapi kita akan mendapatkan hasil yang sama dengan berputar tiga kali ke kiri, masing-masing 90 derajat. Ini sama dengan ketikan kita ingin belok ke kanan di jalanan perkotaan tetapi ada tanda “ Dilarang Belok Kanan”. Apa yang kita perbuat, biasanya di persimpangan berikutnya kita akan berbelok ke kiri tiga kali sampai kita masuk ke jalan yang dikehendaki. Kita berputar 270 derajat. 

Sebuah jembatan semanggi atau highway interchange adalah sebuah jembatan layang dengan rancangan berdaun empat, bukan dua atau tiga, karena ada empat arah lalu lintas yang berbeda – yaitu arah utara, timur, barat, selatan – dan masing-masing harus bisa belok ke kanan.

Description: Jembatan Semanggi Rating: 4.5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar